Quiz 1.2: Bagaimana pengejawantahan semangat Kartini di bidang PWK?

Dalam makna yang luas Kartini itu melambangkan semangat pembaruan, kesetaraan, dan kemajuan.  Menurut sahabat, bagaimana bentuk nyata semangat ini dalam bidang perencanaan wilayah dan kota?

2 comments

  1. Semangat Kartini adalah semangat ilmu pengetahuan. Sifat ilmu pengetahuan adalah semakin berkembang apabila dibagi.

    Di era modernisasi ini, banyak kaum wanita yang karena kondisi tertentu memilih menjadi wanita karir dan berkarya sambil mengurus keluarga. Tentunya aktivitas bekerja tersebut juga dilandasi dengan semangat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku sekolah sekaligus membagi pengetahuan dengan sesama.

    Ini membutuhkan dukungan nyata. Dari sisi perencanaan kota, penyediaan tempat-tempat penitipan anak yang layak menjadi krusial. Diharapkan dengan tersedianya fasilitas tersebut, dalam jarak yang relatif dekat dengan tempat kerja, wanita berkeluarga tetap dapat bekerja sambil menunaikan kewajibannya sebagai seorang Ibu.

    Liked by 1 person

  2. Saya kira memberikan ruang privasi di fasilitas publik juga bentuk manifestasi dari semangat Kartini, seperti gerbong khusus wanita di KRL atau transjakarta. Angkot/mikrolet saya kira sudah kurang ramah untuk penumpang perempuan disamping kapasitasnya yang terbatas sebagai angkutan publik di kota besar.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s